Penghargaan KLA tingkat Madya Diraih Kabupaten Pandeglang

Tidak Ada Data

Pandeglang - Kabupaten Pandeglang tahun 2021 meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Madya. Sebelumnya tahun 2020 penghargaan yang sama pernah diraih juga namun kategori pratama. "Ini merupakan hasil kerja semua pihak dalam pemenuhan program yang mengakomodir terhadap pemenuhan hak atas atas anak," demikian dikatakan Bupati Irna Narulita usai acara apel pagi di Setda, Senin (11/10/2021).

Kabupaten atau Kota Layak Anak (KLA ) merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak yang dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam bentuk kebijakan. "Salah satu contoh pembagian zonasi yang akan kemi lakukan untuk iklan rokok misalnya,"ujar Bupati Irna.

Menurutnya, sejauh ini memang program yang menuju pemenuhan terhadap hak atas anak diakui belum optimal. Namun kata Bupati Irna, kedepan akan terus berkelanjutan agar hak atas anak dapat terakomodir. "KlA ini akan diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen yang tinggi untuk mendukung pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak melalui proses evaluasi yang dilakukan tim dari Kementerian PPPA , Kementerian Lembaga, dan tim independen," pungkasnya.

Selain meraih KLA, tahun ini Kabupaten Pandeglang juga meraih Anugrah Parahita ekapraya ( APE) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPA,
artinya kata Irna, Kabupaten Pandeglang sudah dianggap responsif gender terutama dalam perencanaan dan penganggaran pembangunannya. "Program kami dinilai sudah ada keberpihakan kepada pengarus utamaan gender demi mewujudkan kesetaraan gender di Kab. Pandeglang, "ujar Irna.

Sementara Didi Mulyadi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) mengatakan, beberapa inovasi yang dilakukan menuju KLA oleh Kabupaten Pandeglang misalnya dalam Kelembagaan sudah mempunyai Perda KLA No. 01 Tahun 2021, Perbup KLA, Profil Anak, SK Gugus Tugas KLA, SK PATBM(Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat).

×

Indeks Kepuasan Masyarakat

Terima Kasih Anda Telah Melakukan Survei Mengenai Layanan Kami